Kunjungan Industri Tahun 2019 ( Jababeka + Bogor )

Diposting pada: 2019-05-28, oleh : SMKN7BANDUNG, Kategori: Kunjungan Industri

Pogram kunjungan industri merupakan suatu program yang sudah reguler dilaksanakan di SMKN 7 Bandung. Program ini diberikan kepada siswa kelas X sebagai persiapan  dan bekal mereka dalam menghadapi praktek Kerja Lapangan . Industri yang dikunjungi adalah industri yang relevan dengan kompetensi keahlian di SMKN 7 Bandung, yaitu Kimia Industri, Kimia Tekstil, Analisis Pengujian Laboratorium, Farmasi Klinis dan Komunitas, Farmasi Indsutri.

Apalagi saat ini di Indonesia sangat gencar dilaksanakan pembangunan infrastruktur., dengan begitu banyaknya investor asing yang mendirikan perusahaan di Indonesia.

Berbagai jenis perusahaan/industri sudah banyak berdiri di Indonesia seperti : industri makanan/minuman, industri pembuatan kertas, tekstil, aneka industri kimia, aneka industri obat, dan sebagainya.

Sangat disayangkan jika hal ini tidak dapat kita manfaatkan sebagai salah satu  wahana pembelajaran siswa SMK tentang dunia Industri.

Tujuan

Tujuan Kunjungan Industri secara umum :

Menambah wawasan tentang Dunia Industri yang sesuai dengan Kompetensi Keahlian pada siswa dan guru SMK Negeri 7 Bandung.

Tujuan Kunjungan Industri secara khusus :

1. Menjalin kerjasama yang baik antar sekolah dan industri.

2. Melihat kesesuaian kompetensi yang di berikan di Sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan di Industri (Link and Match).

3. Melihat teknologi tepat guna yang diterapkan di Industri.

4. Melihat dan menerapkan kedisiplinan dan kemampuan siswa di Du/Di.

5.  Mendapatkan masukan-masukan dari industri terhadap program yang ada di sekolah guna ditindaklanjuti.

6. Memberi motivasi belajar peserta didik sebagai dampak dari wawasan Industri terhadap industri yang dikunungi.

7. Secara langsung memasarkan produk industri kepada masayarakat.

“Kunjungan industri bagi siswa SMK sangat penting untuk melihat secara langsung suasana di industri yang sebenarnya dan bagaimana suatu proses industri dijalankan”

Industri-Industri Yang Dikunjungi

1) PT. International Chemical Industry (INTERCALLIN - ABC Battery)

2) PT. Asietex

3) PT. Hexpharm Jaya

4) PT. Liwayway (Oishi)

5) PT. Kao

6) PT. Kalbe Farma

7) PT. Nestle Indonesia

 

Pelaksanaan

Pelaksanaan program kunjungan industri ditujukan untuk siswa kelas X SMKN 7 Bandung. Hal ini sangat penting agar siswa dapat melihat langsung suasana sebenarnya di industri, sebagai persiapan ketika mereka akan melaksanakan praktek kerja lapangan di kelas XI.

Waktu pelaksanaan Kunjungan Industri pada tanggal 10-11 April 2019. Panitia biasanya terdiri dari guru-guru dan juga melibatkan staf tata usaha SMKN 7 Bandung.

Namun karena jumlah siswa yang banyak, pihak SMKN 7 Bandung juga menggandeng even organizer (EO)/travel/biro perjalanan untuk mengurus masalah penginapan, transportasi dan  hal lainnya yang dibutuhkan untuk kunjungan industri.

Selain Kunjungan Industri, siswa juga melaksanakan wisata budaya ke tempat bersejarah yaitu Museum Fatahillah Jakarta, sehingga mereka dipupuk rasa cinta terhadap tanah air dan kebudayaan Bangsa  Indonesia.

Siswa juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehan dalam bidang seni saat malam hari di penginapan. Dan pada keesokan harinya diadakan acara fun game sehingga siswa tidak merasa jenuh setelah melaksanakan perjalanan jauh.

Berikut Foto-foto Kegiatannya

1) PT. International Chemical Industry (INTERCALLIN - ABC Battery)

 

2) PT. Asietex

 

3) PT. Hexpharm Jaya

 

4) PT. Liwayway (Oishi)

 

5) PT. Kao

 

6) PT. Kalbe Farma

 

7) PT. Nestle Indonesia

 

Foto-Foto Pada Saat Wisata Budaya Ke Museum Fatahillah Jakarta

 

Foto-Foto Pada Saat Acara Pentas Seni dan Fun Games

 


Berita Lainnya