Kunjungan Industri Tahun 2018 ( Semarang - Yogyakarta )

Diposting pada: 2018-08-28, oleh : SMKN7BANDUNG, Kategori: Kunjungan Industri

Pogram kunjungan industry merupakan suatu program yang sudah reguler dilaksanakan di SMKN 7 Bandung. Program ini diberikan kepada siswa kelas X sebagai persiapan  dan bekal mereka dalam menghadapi praktek Kerja Lapangan . Industri yang dikunjungi adalah industry yang relevan dengan paket keahlian di SMKN 7 Bandung, yaitu Kimia Industri, Teknik Penyempurnaan Tekstil, Kimia analisis dan farmasi.

Apalagi saat ini di Indonesia sangat gencar dilaksanakan pembangunan infrastruktur., dengan begitu banyaknya investor asing yang mendirikan perusahaan di Indonesia.

Berbagai jenis perusahaan/industri sudah banyak berdiri di Indonesia seperti : industry makanan/minuman, industry pembuatan kertas, tekstil, aneka industry kimia, aneka industry obat, aneka industry automotive, perkakas elektronik dan sebagainya.

Sangat disayangkan jika hal ini tidak dapat kita manfaatkan sebagai salah satu  wahana pembelajaran siswa SMK tentang dunia Industri.

Tujuan…...

Tujuan Kunjungan Industri secara umum :

Menambah wawasan tentang Dunia Industri yang sesuai dengan Kompetensi Keahlian pada siswa dan guru SMK Negeri 7 Bandung.

Tujuan Kunjungan Industri secara khusus :

1. Menjalin kerjasama yang baik antar sekolah dan industri.

2. Melihat kesesuaian kompetensi yang di berikan di Sekolah dengan kompetensi yang dibutuhkan di Industri (Link and Match).

3. Melihat teknologi tepat guna yang diterapkan di Industri.

4. Melihat dan menerapkan kedisiplinan dan kemampuan siswa di Du/Di.

5.  Mendapatkan masukan-masukan dari industri terhadap program yang ada di sekolah guna ditindaklanjuti.

6. Memberi motivasi belajar peserta didik sebagai dampak dari wawasan Industri terhadap industri yang dikunungi.

7. Secara langsung memasarkan produk industry kepada masayarakat.

“Kunjungan industri bagi siswa SMK sangat penting untuk melihat secara langsung suasana di industri yang sebenarnya dan bagaimana suatu proses industri dijalankan”

Industri-Industri Yang Dikunjungi…...

1. PT. Sinar Sosro ( Semarang )

2. PT. Sidomuncul ( Semarang )

3. Batik Rorojongrang ( Yogyakarta)

4. PT. Cocacola ( Semarang )

5. PT. Indofood Sukses Makmur ( Semarang )

Pelaksanaan…...

Pelaksanaan program kunjungan industry ditujukan untuk siswa kelas X SMKN 7 Bandung. Hal ini sangat penting agar siswa dapat melihat langsung suasana sebenarnya di industry, sebagai persiapan ketika mereka akan melaksanakan praktek kerja lapangan di kelas XI.

Waktu pelaksanaan biasanya pada semester 2 sekitar bulan April-Mei.  Panitia biasanya terdiri dari guru-guru dan juga melibatkan staf tata usaha SMKN 7 Bandung.

Namun karena jumlah siswa yang banyak, pihak SMKN 7 Bandung juga menggandeng even organizer (EO)/travel/biro perjalanan untuk mengurus masalah penginapan, transportasi dan  hal lainnya yang dibutuhkan untuk kunjungan industry.

Setelah selesai kunjungan industry, siswa di wajibkan membuat laporan tentang kegiatan ini.

Selain kunjungan industry, siswa juga melaksanakan wisata budaya ke tempat-tempat bersejarah, sehingga mereka dipupuk rasa cinta terhadap tanah air dan kebudayaan Bangsa  Indonesia.

Juga siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehan dalam bidang seni saat malam hari di penginapan. Dalam beberapa kesempatan juga ada acara temu dengan alumni  yang bekerja di area tempat pelaksanaan kunjungan industri.

Sering juga diadakan acara fun game di tempat penginapan/hotel sehingga siswa tidak merasa jenuh setelah melaksanakan perjalanan jauh.

Kunjungan Industri ini dilaksanakan pada tanggal 16 - 18 April 2018

1. Foto-Foto Kunjungan Ke PT. Sinar Sosro ( Semarang )

 

2. Foto-Foto Kunjungan Ke PT. Sidomuncul ( Semarang )

 

3. Foto-Foto Kunjungan Ke Batik Rorojongrang ( Yogyakarta )

4. Foto-Foto Kunjungan Ke PT. Coca-cola ( Semarang )

5. Foto-Foto Kunjungan Ke PT. Indofood ( Semarang )


Berita Lainnya