Pelatihan Asesor Kompetensi dan Asesmen Calon Asesor

Diposting pada: 2018-12-10, oleh : SMKN7BANDUNG, Kategori: Informasi Sekolah

Pelatihan Asesor Kompetensi dan Asesmen Calon Asesor dilaksanakan pada tanggal 15 - 20 Oktober 2018 yang bertempat di SMKN 7 Bandung. Pelatihan Asesor ini juga untuk mendukung Program Pengembangan SMK Kawasan Industri/Kawasan Ekonomi Khusus.

Alasan pentingnya mengikuti Pelatihan Asesor Kompetensi BNSP/Diklat Metodologi Asesor Kompetensi yang memiliki Lisensi & Sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelatihan Asesor Kompetensi BNSP ini bertujuan untuk menjawab tantangan pemberlakuan Pasar Global ASEAN (ASEAN Singel Community) atau yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Pemerintahan Indonesia menghendaki bahwa tenaga kerja yang bekerja dan atau yang ingin bekerja harus memiliki sertifikasi kompetensi yang sesuai bidangnya dan diterbitkan oleh lembaga yang memiliki otoritas yakni BNSP yang bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Untuk menjawab tantangan tersebut, tenaga kerja yang ada di Indonesia diharapkan mempunyai sertifikasi kompetensi profesi. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dan mutu kerja. Dalam melakukan proses sertifikasi, dibutuhkan asesor kompetensi yang bertugas untuk melakukan asesmen terhadap suatu kompetensi yang sesuai. Asesor kompetensi ini merupakan orang yang akan menilai dalam pembuatan sertifikasi.

Pelatihan Asesor Kompetensi BNSP ini adalah pelatihan dengan sertifikasi kompetensi bidang metodologi asesor oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang telah mendapat Lisensi dari BNSP.

Pelatihaan Asesor kompetensi ini diperuntukkan bagi para:

  1. Dosen Perguruan Tinggi
  2. Instruktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan
  3. Guru SMP/SMU/SMK

 


Berita Lainnya