Pemilahan Sampah

Diposting pada: 2018-08-29, oleh : SMKN7BANDUNG, Kategori: Artikel Karya Guru dan Siswa

Sampah adalah sisa suatu usaha atau kegiatan manusia yang berwujud padat [baik berupa zat organik maupun anorganik yang bersifat dapat terurai maupun tidak terurai] dan dianggap sudah tidak berguna lagi, sehingga dibuang ke lingkungan.
Sampah harus dapat diperlakukan dengan baik agar tidak membahayakan lingkungan. Jika sampah dibuang sembarangan maka akan menimbulkan berbagai akibat diantaranya merusak Lingkungan, menimbulkan berbagai macam penyakit, menyebabkan banjir, dan merusak keindahan alam.
Sampah dibagi 2 jenis yaitu :a.       Sampah organicSampah organic adalah sampah yang mudah membusuk dan terurai serta berasal dari tumbuhan hewan. Contoh : sisa makanan, sayuran, daun kering.b.      Sampah anorganikSampah yang tidak mudah membusuk dan sulit terurai, proses degradasi butuh waktu hingga ratusan tahun.. Contoh : plastic, botol, kaleng.
Dalam membuang sampah, penting untuk dipisahkan antara sampah organic dan anorganik. Sampah yang berasal dari tumbuhan dan hewan dibuang di tempat sampah organik, sedangkan sampah yang bukan berasal dari hewan dan tumbuhan dibuang di tempat sampah anorganik. Pemilahan sampah ini akan memberikan berbagai manfaat yaitu :•       Mengurangi timbunan sampah•       Mengurangi pencemaran lingkungan•       Sampah dapat dimanfaatkan lebih lanjut
Dengan adanya pemilahan sampah maka sampah organic dan anorganik dapat dikelola dengan tepat sesuai jenisnya. Sampah organic dapat dimanfaatkan untuk pupuk kompos dengan cara ditimbun. Sedangkan sampah anorganik dikelola dengan cara 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle )

  • Reduce adalah pengelolaan dengan cara mengurangi penggunaan sampah anorganik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi pemakaian kantong plastic, botol ataupun kaleng. Misalnya dengan membawa bekal ke sekolah dan berbelanja dengan tas belanja
  • Reuse adalah pengelolaan dengan cara memanfaatkan kembali sampah organic. Misalnya dengan membuat kerajinan dari plastic ataupun memanfaatkan botol sebagai pot
  • Recycle adalah pengelolaan dengan cara mendaur ulang sampah organic. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan sampah anorganik dan menjualnya ke pengepul untuk didaur ulang.


Berita Lainnya